Tuesday, June 21, 2011

IMAN DAN HIDUP KRISTEN

I. PENGAKUAN IMAN OBAJA KREDO

1. AKU MENGAKU
(Berdasarkan, Roma 10:9)

Aku mengaku dengan mulutku,
bahwa Yesus adalah Tuhan.
Dan percaya dalam hatiku,
Bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka aku di selamatkan. Amin.

2. TERPUJILAH ENGKAU
(Berdasarkan, 2 Korintus 13:13)

Terpujilah Engkau, ya Tuhan Yesus Kristus, dari dahulu, sekarang dan sampai selama-lamanya. Haleluya. Amin.

3. KASIH KARUNIA

Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus, akan selalu menyertaiku dari sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

II. DOA DAN PENGAKUAN IMAN KRISTEN

1. PENGAKUAN IMAN RASULI

Aku percaya kepada Allah,
Bapa yang Mahakuasa,
Khalik langit dan bumi.

Dan kepada Yesus Kristus, Anak-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari pada Roh Kudus, lahir dari anakdara Maria, yang menderita sengsara dibawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan, turun ke dalam kerajaan maut, pada hari ketiga bangkit pula dari antara orang mati, naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa, dan dari sana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Aku percaya kepada Roh Kudus,
Gereja yang kudus dan am,
persekutuan orang kudus,
pengampunan dosa,
kebangkitan orang mati,
dan hidup yang kekal.
Amin.

2. DOA BAPA KAMI

Matius 6:9-13
Bapa kami yang di sorga,
Dikuduskanlah nama-Mu,
Datanglah kerajaan-Mu,
Jadilah kehendak-Mu
Di bumi seperti di sorga.

Berikanlah kami pada hari ini
makanan kami yang secukupnya
dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan,
tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat.

Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin

3. MAZMUR GEMBALA

Mazmur 23
TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang, Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku, gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku. Engkau menyediakan hidangan bagiku, dihadapan lawanku, Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak, pialaku penuh melimpah.

Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku, dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

4. NYANYIAN KEMENANGAN
Nyanyian Musa, Hamba Allah, Dan Nyanyian Anak Domba

Wahyu 15:3-4
Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa!
Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!

Siapakah yang tidak takut, ya Tuhan, dan yang tidak memuliakan nama-Mu?
Sebab Engkau saja yang kudus, karena semua bangsa akan datang dan sujud menyembah Engkau,

Sebab telah nyata kebenaran segala penghakiman-Mu.

5. MAZMUR PERTOBATAN

Mazmur 51
Kasihanilah aku, ya Allah,

Menurut kasih setia-Mu,

Hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar!

Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!

Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku.

Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kau anggap jahat, supaya ternyata Engkau adil dalam putusan-Mu, bersih dalam penghukuman-Mu.

Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku. Sesungguhnya, Engkau berkenan akan kebenaran dalam batin, dan dengan diam-diam Engkau memberitahukan hikmat kepadaku.

Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!

Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yang Kau remukan bersorak-sorak kembali!

Sembunyikanlah wajah-Mu terhadap dosaku, hapuskanlah segala kesalahanku! Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!

Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu, dan lengkapilah aku dengan dengan roh yang rela! Maka aku akan mengajarkan jalan-Mu kepada orang-orang yang melakukan pelanggaran, supaya orang-orang berdosa berbalik kepada-Mu.

Lepaskanlah aku dari hutang darah ya Allah, Allah keselamatanku, maka lidahku akan bersorak-sorai memberitakan keadilan-Mu!

Ya Tuhan, bukalah bibirku, supaya mulutku memberitakan puji-pujian kepada-Mu!

Sebab engkau tidak berkenan kepada korban sembelihan, sekiranya kupersembahkan korban bakaran, Engkau tidak menyukainya. Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur, hati yang patah dan remuk tidak akan Kau pandang hina, ya Allah.

Lakukanlah kebaikan kepada Sion menurut kerelaan hati-Mu bangunkanlah tembok-tembok Yerusalem!

Maka Engkau akan berkenan kepada korban yang benar, korban bakaran dan korban yang terbakar seluruhnya, maka orang akan mengorbankan lembu jantan di atas mezbah-Mu.

6. MAZMUR PERLINDUNGAN

Mazmur 91
Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN, “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”

Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah pagar tembok.

Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.

Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu. Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.

Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kau buat tempat perteduhanmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu, sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu.

Singa dan ular tedung akan kau langkahi, engkau akan menginjak anak singa dan ular naga.

“Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku”

7. KEPASTIAN KESELAMATAN

Yohanes 3:16
Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

8. AMANAT AGUNG

Matius 28:18-20
Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan Ketahuilah, aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

9. ROTI HIDUP

Yohanes 6:48-51
“Akulah roti hidup. Nenek moyangmu telah makan manna di padang gurun dan mereka telah mati. Inilah roti yang turun dari sorga: Barangsiapa makan dari padanya, ia tidak akan mati. Akulah roti hidup yang telah turun dari sorga. Jikalau seorang makan dari roti ini, ia akan hidup selama-lamanya, dan roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku, yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.”

10. HUKUM KASIH

Matius 22:37-40
Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah:

Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.
Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

11. KASIH

1 Korintus 13
Sekalipiun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing. Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk di bakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikit pun tidak ada faedahnya bagiku.

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Kasih tidak bekesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap. Sebab pengetahuan kita tidak lengkap dan nubuat kita tidak sempurna. Tetapi jika yang sempurna tiba, maka yang tidak sempurna itu akan lenyap. Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu. Karena sekarang kita melihat dalam cermin suatu gambaran yang samar-samar, tetapi nanti kita akan melihat muka dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan tidak sempurna, tetapi nanti aku akan mengenal dengan sempurna, seperti aku sendiri dikenal.

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

12. BERKAT TUHAN

Bilangan 6:25-26
Tuhan menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia.
Tuhan menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.
13. 10 PERINTAH ALLAH

Keluaran 20:3-17
1.        Jangan ada padamu allah lain dihadapan-Ku.
2.        Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun.
3.        Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu, dengan sembarangan.
4.        Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat.
5.        Hormatilah ayah dan ibumu.
6.        Jangan membunuh.
7.        Jangan berzinah.
8.        Jangan mencuri.
9.        Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
10.  Jangan mengingini apapun yang dipunyai sesamamu. 

14. 9 KARUNIA ROH

1 Korintus 12:8-10
1.        Karunia berkata-kata dengan hikmat.
2.        Karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
3.        Karunia iman.
4.        Karunia menyembuhkan.
5.        Karunia kuasa mengadakan mujizat.
6.        Karunia bernubuat
7.        Karunia membedakan bermacam-macam roh.
8.        Karunia berkata-kata dengan bahasa roh.
9.        Karunia menafsirkan bahasa roh.
  
15. 9 UCAPAN BAHAGIA YESUS

Matius 5:3-12
1.        Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.
2.        Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur.
3.        Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi.
4.        Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
5.        Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan.
6.        Berbahagialah orang yang suci hatinya karena mereka akan melihat Allah.
7.        Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.
8.        Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.
9.        Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga, sebab demikian juga telah dianiaya nabi-nabi yang sebelum kamu.

16. 9 BUAH ROH

Galatia 5:22-23
1.        Kasih
2.        Sukacita
3.        Damai Sejahtera
4.        Kesabaran
5.        Kemurahan
6.        Kebaikan
7.        Kesetiaan
8.        Kelemahlembutan
9.        Penguasaan diri


17. WAHYU YOHANES

Wahyu 21:1-7, Wahyu 22:12, 13, 20
Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya. Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata, “Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka. Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka. Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu.” Ia yang duduk di atas takhta itu berkata, “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!”

Dan firman-Nya, “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.” Firman-Nya lagi kepadaku, “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega. Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan. Barangiapa menang, ia akan memperoleh semuanya ini, dan Aku akan menjadi Allahnya dan ia akan menjadi anak-Ku.

Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.”

Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

18. MAGNIFICAT
Nyanyian Pujian Maria

Lukas 1:46-55
Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. Dan rahmat-Nya turun temurun atas orang yang takut akan Dia.

Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya, Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah, Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa, Ia menolong Israel, hamba-Nya karena Ia mengingat rahmat-Nya, seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya.

19. BENEDICTUS
Nyanyian Pujian Zakharia

Lukas 1:68-79
Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu, seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus, untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, untuk menunjukan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus, yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita.

Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi, karena engkau berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi, untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera.

20. MERAYAKAN HARI MINGGU

1.        Yesus Kristus bangkit pada hari pertama (Mar. 16:9)
2.        Yesus menampakkan diri kepada murid-murid pada hari pertama (Mar. 16:9; Mat. 28:8-10, Luk. 24:34; Mar. 16:12-13; Yoh. 20:19-23).
3.        Pentakosta terjadi pada hari Minggu, hari pertama (Pentakosta adalah hari ke-50 sejak Sabat persembahan unjukan, lihat Im. 23:15-16, jadi Pentakosta selalu hari minggu).
4.        Orang-orang Kristen berkumpul dan bertemu untuk berbakti pada hari pertama (Kis. 20:6-7; 1 Kor. 16:2).

Hari Minggu disebut oleh orang Kristen sebagai “hari Tuhan” (Wah. 1:10).Sejak itu, sebagian besar orang Kristen selalu berbakti pada hari Tuhan (Minggu), hari pertama. Mereka melakukan ini untuk menghormati kebangkitan Juruselamat mereka. Kristus berada dalam kubur pada hari Sabat, dan bangkit pada hari pertama. Sabat menggambarkan hari terakhir ciptaan yang lama.

Minggu adalah Hari Pertama Ciptaan Baru. Bukti sejarah bahwa orang Kristen mula-mula berbakti pada Hari Minggu: Epistle of Barnabas (sekitar 100 AD): “Jadi kita juga memelihara hari kedelapan dengan sukacita, hari yang sama dengan kebangkitan Yesus dari orang mati. Epistle of Ignatius (sekitar 107 AD): “Jangan tertipu dengan doktrin-doktrin aneh, ataupun dengan dongeng tua, yang tidak bermanfaat. Sebab jika kita masih hidup menurut hukum Yahudi, kita mengakui bahwa kita belum menerima kasih karunia. Oleh karena itu, jika mereka yang dibesarkan di bawah peraturan lama itu, lalu mendapatkan pengharapan baru, tidak lagi memelihara Sabat, tetapi memelihara hari Tuhan, pada hari mana kehidupan kita bangkit oleh Dia dan kematianNya.” Justin Martyr (sekitar 140 AD): “Dan pada hari yang disebut Minggu, semua yang tinggal di kota-kota atau di pedesaan berkumpul pada satu tempat, dan tulisan-tulisan para Rasul atau para Nabi dibacakan terlebih dahulu. Tetapi hari Minggu adalah hari di mana kita mengadakan pertemuan umum, karena itu adalah hari pertama Allah menjadikan dunia; dan Yesus Kristus Juruselamat kita bangkit dari kematian pada hari yang sama. ”Berdesanes, Edessa (180 AD): “Pada satu hari, yang pertama dari satu minggu, kami berkumpul bersama.” Tertullian (200 AD): “Kami mengkhusyukkan hari setelah Sabtu, berlawanan dengan mereka semua yang menyebut hari ini sebagai Sabat mereka.” Irenaeus (155-202 AD): “Misteri kebangkitan Tuhan tidak boleh dirayakan pada hari lain selain Hari Tuhan, dan hal ini saja sudah mengharuskan kita merayakan Paskah pada hari itu.” Jelas sekali bahwa orang-orang Kristen telah berbakti pada hari Minggu jauh sebelum Konstantin atau abad keempat.

21. 5 TUJUAN HIDUP
The Purpose Driven Life – Rick Warren

1.  Penyembahan
Anda Dirancang Untuk Kesukaan Allah.
Apapun yang merupakan pusat kehidupan anda, itulah allah anda. Ketika anda memberikan diri anda kepada Kristus, Ia masuk ke pusat tersebut, tetapi anda harus membuat-Nya tetap ada di pusat melalui penyembahan.

2.  Persekutuan
Anda Dibentuk Untuk Menjadi Keluarga Allah.
Dalam keluarga gereja manakah anda akan bergabung sebagai anggota yang berfungsi? Semakin dewasa anda, semakin anda mengasihi Tubuh Kristus dan ingin berkorban untuknya.

3.  Pemuridan
Anda Diciptakan Untuk Menjadi Serupa Dengan Kristus.
Allah jauh lebih tertarik pada keadaan anda dari pada pekerjaan anda. Ingatlah, anda akan membawa karakter anda ke dalam kekekalan, bukan karier anda. Jangan patah semangat dan menyerah ketika anda jatuh. Dibutuhkan waktu seumur hidup untuk membangun karakter serupa dengan Kristus.

4.  Pelayanan
Anda Dibentuk Untuk Melayani Allah.
Setelah mengenali kombinasi dari karunia-karunia rohani, hati, kemampuan, kepribadian, dan pengalaman (Shape) anda, apa yang akan menjadi peran terbaik anda di dalam keluarga Allah. Walaupun anda dibentuk untuk melayani orang lain, bahkan Yesus pun tidak memenuhi kebutuhan semua orang waktu Ia di dunia. Anda harus memilih siapa yang paling bisa anda tolong, berdasarkan shape anda.

5.  Penginjilan
Anda Diciptakan Untuk Sebuah Misi.
Pernyataan misi anda harus mencangkup komitmen anda untuk membagikan kesaksian anda dan kabar baik kepada orang lain. Anda perlu membuat daftar dari pelajaran-pelajaran kehidupan dan kerinduan ilahi yang anda rasa telah Allah berikan kepada anda untuk dibagikan kepada dunia. Ketika anda bertumbuh di dalam Kristus, Allah mungkin memberi anda sebuah kelompok orang sebagai target khusus untuk dijangkau.

III. DOA DAN PENGAKUAN IMAN GEREJA KATOLIK ROMA

1. PENGAKUAN IMAN
Syahadat Para Rasul

Aku percaya akan Allah,
Bapa yang Mahakuasa,
Pencipta  langit dan bumi.

Dan akan Yesus Kristus, Putra-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria, yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, wafat dan dimakamkan, yang turun ke tempat penantian, pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati, yang naik ke surga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang mahakuasa, dari situ Ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati.

Aku percaya akan Roh Kudus,
Gereja katolik yang kudus,
persekutuan para kudus,
pengampunan dosa,
kebangkitan badan,
kehidupan kekal.
Amin.

2. BAPA KAMI
Missale Romanum

Bapa kami yang ada di surga,
Dimuliakanlah nama-Mu,
Datanglah kerajaan-Mu,
Jadilah kehendak-Mu
Di atas bumi seperti di dalam surga.

Berilah kami rezeki pada hari ini
dan ampunilah kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni yang bersalah kepada kami;
Dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan,
tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat. Amin.

3. SALAM MARIA
Salam Maria, penuh rahmat Tuhan sertamu. Terpujilah engkau diantara wanita dan terpujilah buah tubuhmu, Yesus. Santa Maria, bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati. Amin.

4. KEMULIAAN
Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus seperti pada permulaan, sekarang, selalu, dan sepanjang segala abad. Amin.

5. TERPUJILAH
Terpujilah nama Yesus, Maria dan Yosef sekarang dan selama-lamanya. Amin.

6. YA YESUS
Ya Yesus yang baik, ampunilah dosa-dosa kami. Selamatkanlah kami dari api neraka dan hantarlah jiwa-jiwa ke dalam surga, terutama mereka yang sangat membutuhkan kerahiman-Mu. Amin.

7. SALAM YA RATU
Salam ya Ratu, Bunda yang berbelas kasih, hidup, hiburan dan harapan kami. Kami semua memanjatkan permohonan. Kami amat susah, mengeluh, mengesah dalam lembah duka ini.

Ya Ibunda, ya pelindung kami, limpahkanlah kasih sayangmu yang besar kepada kami. Dan Yesus, Puteramu yang terpuji itu, semoga kau tunjukkan kepada kami.

O Ratu, O Ibu, O Maria, Bunda Kristus.
*Doakanlah kami, ya Santa Bunda Allah.
**Supaya kami dapat menikmati janji Kristus 

Obaja Nolvic H. Sekeon

No comments:

Post a Comment